Efektifitas Penerapan Teknik Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kateguhan Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2024/2025

Susanto, Susanto (2025) Efektifitas Penerapan Teknik Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kateguhan Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy

Abstract

Susanto. Efektifitas Penerapan Teknik Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kateguhan Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2024/2025, Pendidikan Agama Islam, Institut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta, 2025

Kata Kunci: mind mapping, prestasi belajar, Al-Qur’an Hadits, pendidikan Islam, pembelajaran aktif
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik mind mapping dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kateguhan Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2024/2025.
Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi Al-Qur’an Hadits akibat metode pembelajaran yang masih dominan bersifat konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan teknik mind mapping dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data meliputi tes hasil belajar, angket persepsi siswa, dan observasi keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada prestasi belajar siswa setelah penerapan teknik mind mapping. Teknik ini terbukti mampu membantu siswa memahami materi dengan lebih baik, mengingat informasi dengan lebih mudah, dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, mind mapping dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Prestasi Belajar, Al-Qur’an Hadits, Pendidikan Islam, Pembelajaran Aktif
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Susanto Susanto
Date Deposited: 03 Jun 2025 06:35
Last Modified: 03 Jun 2025 06:35
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year