Penggunaan Kitab Jazari dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an Santri Kelas 1 Aliyyah Pondok Pesantren Ar-robbani Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025

Firdausi, Yasmin Salma (2025) Penggunaan Kitab Jazari dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an Santri Kelas 1 Aliyyah Pondok Pesantren Ar-robbani Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan Upaya Guru dalam pembelajaran Kitab Jazari untuk peningkatan membaca Al-Qur’an Santri Kelas 1 Aliyyah di Pondok Pesantren Ar-Robbani Kebakkramat Karanganyar untuk mendeskripsikan tujuan dan metode pembelajaran Kitab jazari untuk peningkatan membaca Al-Qur’an santri Di Pondok Pesantren Ar-Robbani ini sudah tercapai dengan baik apa belum, dan mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran kitab jazari untuk peningkatan membaca Al-Qur’an ssantri di Pondok Pesantren Ar-Robbani Kebakkramat Karanganyar.
Metode yang digunakan pada penelitan ini dengan penerapan Metode Bandongan dan Metode Sorogan dalam pembelajaran kitab jazari untuk Peningkatan Membaca Al-Qur’an santri kelas 1 Aliyyah di Pondok Pesantren Ar-Robbani Kebakkramat Karanganyar. Pembelajaran Kitab Jazari dengan menggunakan Metode Bandongan dan Metode Sorogan yang digunakan sesuai dengan kemampuan belajar santri dalam pengenalan Makhorijul huruf dan hukum bacaan tajwid yang terdiri dari beberapa Bab, yang dilengkapi dengan lagu nadzom atau syair untuk memudahkan dalam menghafal dan tidak merasa bosan atau jenuh.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana tingkat pemahaman santri dalam pembelajaran kitab jazari yang diterapkan oleh Ustadz atau Ustadzah melalui Metode Bandongan dan Metode Sorogan. Dan penerapannya dari hasil penelitian peneliti mendapati permasalahan dalam pembelajaran kitab jazari

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Pembelajaran Kitab Jazari, Peningkatan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yasmin Salma Firdausi
Date Deposited: 27 May 2025 02:09
Last Modified: 27 May 2025 02:09
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year