Korelasi Penerapan Metode Ceramah Tipe Impromtu dengan Kompetensi Inovasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Polokarto Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Azhar, MHD. Sandi (2025) Korelasi Penerapan Metode Ceramah Tipe Impromtu dengan Kompetensi Inovasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Polokarto Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mambs'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (648kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of LAMPIRAN (2).pdf] Text
LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode ceramah tipe impromptu terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII B SMPN 1 Polokarto Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. (2) Untuk mengetahui tingkat kompetensi inovasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII B SMPN 1 Polokarto Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. (3) Untuk mengetahui korelasi antara penerapan metode ceramah tipe impromptu dengan kompetensi inovasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII B SMPN 1 Polokarto Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini seluruh Kelas VIII di SMPN 1 Polokarto, sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 31 Siswa/i atau satu Kelas dari Kelas VIII B di SMPN 1 Polokarto. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Angket (Kuesioner), Dokumentasi. Teknik Analisis Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Korelasi Product Moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penerapan Metode Ceramah Tipe Impromtu pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMPN 1 Polokarto mendapatkan hasil frekuensi nilai terbanyak yaitu 20 responden dengan nilai valid percent 64,51% termasuk dalam predikat Baik. (2) Peningkatan Kompetensi Inovasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMPN 1 Polokarto mendapatkan hasil frekuensi nilai terbanyak yaitu 21 responden dengan nilai valid persent 67,74% termasuk dalam predikat Sangat Baik. (3) Korelasi Metode Ceramah Tipe Impromtu dengan Kompetensi Inovasi Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMPN 1 Polokarto Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025 yaitu didapatkan hasil dari konstanta (a) sebesar 14,418, sedangkan nilai koefisien regresi dari Metode Ceramah Tipe Impromtu adalah 0,595 atau dengan persentase 59,05%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Metode Ceramah Tipe Impromtu berpengaruh positif terhadap Kompetensi Inovasi Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap Peserta didik Kelas VIII SMPN 1 Polokarto.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Ceramah Tipe Impromtu, Kompetensi Inovasi Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mhd. Sandi Azhar
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:03
Last Modified: 03 Jun 2025 07:03
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year