Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025

Prasetyo, Taufan Adi (2025) Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak dalam membentuk pendidikan karakter religius siswa di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada keprihatinan terhadap menurunnya moral dan karakter religius siswa di tengah tantangan perkembangan zaman, seperti pengaruh media sosial dan pergaulan bebas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru Aqidah Akhlak, dan siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan secara terstruktur mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Nilai-nilai karakter religius seperti kejujuran, kedisiplinan, dan kerja keras diintegrasikan dalam setiap rencana pembelajaran dan diterapkan melalui metode ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, serta keteladanan guru. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara menyeluruh melalui observasi sikap, tugas praktik ibadah, refleksi diri siswa, dan ulangan berbasis karakter.

Faktor pendukung keberhasilan implementasi pembelajaran meliputi lingkungan sekolah yang religius, program keagamaan yang berkelanjutan, serta dukungan dari orang tua dan kerja sama antar guru. Adapun kendala utama berasal dari pengaruh negatif lingkungan luar sekolah seperti media sosial dan pergaulan bebas yang seringkali bertolak belakang terhadap nilai-nilai yang diajarkan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Aqidah Akhlak berperan efektif dalam membentuk karakter religius siswa, meskipun masih terdapat tantangan eksternal yang perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak, baik sekolah, keluarga, maupun masyarakat.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Aqidah Akhlak, Pendidikan Karakter Religius, SMP Muhammadiyah Darul Arqom
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 204 Pengalaman Religius > 204.4 Kehidupan Religius
200 Agama, Kepercayaan > 205 Etika Keagamaan,Etika Agama
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Taufan Adi Prasetyo
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:57
Last Modified: 05 Jun 2025 03:57
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year