Pengaruh Metode Ceramah Interaktif terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025

Imaduddin, Muhammad (2025) Pengaruh Metode Ceramah Interaktif terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surkarta.

[thumbnail of COVER & AWALAN.pdf] Text
COVER & AWALAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of LAMPIRAN2.pdf] Text
LAMPIRAN2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode ceramah interaktif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Karanganyar tahun ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasari oleh perlunya penerapan metode pembelajaran yang tidak hanya menyampaikan materi secara satu arah, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Dari populasi 82 siswa sampel penelitian terdiri dari 66 siswa kelas VIII yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket untuk mengetahui persepsi siswa terhadap metode ceramah interaktif dan dokumentasi nilai rapor untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode ceramah interaktif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam cukup dengan 31,8 % pada kategori sedang. Kemudian prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam mayoritas berada pada kategori tinggi yaitu 42,4 %. Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode ceramah interaktif terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,454. Nilai ini menunjukkan hubungan yang cukup kuat dan signifikan pada taraf 1% dan 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode ceramah interaktif memiliki kontribusi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Ceramah Interaktif, Prestasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Madrasah Tsanawiyah Negeri , Korelasi
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Imaduddin
Date Deposited: 05 Jun 2025 01:55
Last Modified: 05 Jun 2025 01:55
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year