Pengaruh Kebiasaan Membaca Buku Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sirah dan Tarikh Islam pada Siswa Putri Madrasah Aliyah Ma'hadul Qur'an Boyolali Semester Gasal Tahun Ajaran 2024/2025

Husna, Zidni Dhiaal (2025) Pengaruh Kebiasaan Membaca Buku Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sirah dan Tarikh Islam pada Siswa Putri Madrasah Aliyah Ma'hadul Qur'an Boyolali Semester Gasal Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan membaca buku pada siswa putri MA Ma’hadul Qur’an Boyolali Semester Gasal Tahun Ajaran 2024/2025; hasil belajar pelajaran sirah dan tarikh Islam pada siswa MA Ma’hadul Qur’an Boyolali Semester Gasal Tahun Ajaran 2024/2025; tingkat pengaruh kebiasaan membaca buku terhadap hasil belajar pelajaran sirah dan tarikh pada siswa putri MA Ma’hadul Qur’an Boyolali Semester Gasal Tahun Ajaran 2024/2025.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional yang mengkorelasikan dua variabel. Subjek dalam penelitian adalah siswa putri MA Ma’hadul Qur’an Boyolali pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025 dengan populasi seluruh siswa putri MA Ma’hadul Qur’an Boyolali pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025, dengan 86 responden sebagai sampel. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam studi ini adalah menggunakan teknik analisis korelasi Rank Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan membaca siswa putri MA Ma’hadul Qur’an Boyolali berada dalam kategori sedang. Sedangkan tingkat hasil belajar mata pelajaran sirah dan tarikh Islam berada pada kategori sangat baik. Hasil korelasinya adalah Rxy = 0.25 yang berarti memiliki korelasi yang sangat lemah.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Membaca, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zidni Dhiaal Husna
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:01
Last Modified: 05 Jun 2025 04:01
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year