Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran Qur’an Hadits Siswa Alumni Sekolah Dasar dengan Sekolah Islam di SMPN 3 Boyolali Tahun 2024/2025

Sahara, Nadila Duka (2025) Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran Qur’an Hadits Siswa Alumni Sekolah Dasar dengan Sekolah Islam di SMPN 3 Boyolali Tahun 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran Qur’an Hadits antara siswa SMP Negeri 3 Boyolali yang berasal dari latar belakang sekolah dasar negeri dan sekolah Islam. Latar belakang penelitian ini didasari oleh keberagaman latar belakang pendidikan dasar siswa yang diduga mempengaruhi pencapaian akademik, khususnya pada mata pelajaran keagamaan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Boyolali, dengan sampel berjumlah 112 siswa yang terdiri dari 57 siswa alumni SD Negeri dan 55 siswa alumni Sekolah Islam. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi nilai hasil belajar Qur’an Hadits dan angket untuk mengetahui latar belakang pendidikan dasar siswa. Uji normalitas dilakukan menggunakan Kolmogorov-Smirnov.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang berasal dari SD Islam dengan siswa dari SD Negeri. Rata-rata nilai hasil belajar Qur’an Hadits siswa dari SD Islam lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dari SD Negeri. Hal ini menunjukkan bahwa latar belakang sekolah dasar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa latar belakang pendidikan dasar berpengaruh terhadap hasil belajar Qur’an Hadits. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pihak sekolah dalam memberikan perhatian terhadap perbedaan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Qur’an Hadits, Sekolah Dasar Negeri, MI/Sekolah Dasar Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadila Duka Sahara
Date Deposited: 05 Jun 2025 08:22
Last Modified: 05 Jun 2025 08:24
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year