Implementasi Manajemen George R. Terry dalam Kurikulum Pembelajaran di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Bilal bin Rabah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024-2025

Addinar, Rafi' (2025) Implementasi Manajemen George R. Terry dalam Kurikulum Pembelajaran di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Bilal bin Rabah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024-2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen George R. Terry dalam pengelolaan kurikulum di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Bilal bin Rabah. Model manajemen ini mencakup empat fungsi utama perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi dengan melakukan kunjungan, wawancara dengan pimpinan pondok serta koordinator kurikulum pondok pesantren, dan dokumentasi menggunakan foto. Data yang diperoleh diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen George R. Terry meningkatkan efektivitas pelaksanaan kurikulum dengan integrasi nilai-nilai agama dan pendidikan formal. Faktor pendukung mencakup visi yang jelas, struktur organisasi yang hierarkis, dan motivasi religius santri serta tenaga pendidik. Namun, terdapat kendala seperti kurangnya tenaga ahli, keterbatasan fasilitas, dan resistensi terhadap perubahan. Untuk mengatasi hambatan ini, penelitian merekomendasikan pelatihan manajerial bagi tenaga pengajar dan pembaruan sistem evaluasi. Dengan manajemen yang baik, pesantren diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang berorientasi pada pengembangan spiritual dan intelektual santri. Hal ini bertujuan untuk mencetak generasi penghafal Al-Qur’an yang unggul, sehingga mampu memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dan bangsa di masa depan.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Manajemen, George R. Terry, Kurikulum, Pondok Pesantren
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.092 Muslim, Orang Islam, Santri
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rafi' Addinar
Date Deposited: 10 Jun 2025 03:23
Last Modified: 10 Jun 2025 03:23
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year