Addinar, Rafi' (2025) Implementasi Manajemen George R. Terry dalam Kurikulum Pembelajaran di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Bilal bin Rabah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024-2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
![[thumbnail of Halaman Depan.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (852kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (363kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (294kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (370kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (306kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (637kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen George R. Terry dalam pengelolaan kurikulum di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Bilal bin Rabah. Model manajemen ini mencakup empat fungsi utama perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi dengan melakukan kunjungan, wawancara dengan pimpinan pondok serta koordinator kurikulum pondok pesantren, dan dokumentasi menggunakan foto. Data yang diperoleh diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen George R. Terry meningkatkan efektivitas pelaksanaan kurikulum dengan integrasi nilai-nilai agama dan pendidikan formal. Faktor pendukung mencakup visi yang jelas, struktur organisasi yang hierarkis, dan motivasi religius santri serta tenaga pendidik. Namun, terdapat kendala seperti kurangnya tenaga ahli, keterbatasan fasilitas, dan resistensi terhadap perubahan. Untuk mengatasi hambatan ini, penelitian merekomendasikan pelatihan manajerial bagi tenaga pengajar dan pembaruan sistem evaluasi. Dengan manajemen yang baik, pesantren diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang berorientasi pada pengembangan spiritual dan intelektual santri. Hal ini bertujuan untuk mencetak generasi penghafal Al-Qur’an yang unggul, sehingga mampu memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dan bangsa di masa depan.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, George R. Terry, Kurikulum, Pondok Pesantren |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.092 Muslim, Orang Islam, Santri |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rafi' Addinar |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 03:23 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 03:23 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/338 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year