Pengaruh Penerapan Metode Mulazamah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Santri Kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Bilal Bin Rabah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Baskoro, Dimas Hanif Adi (2025) Pengaruh Penerapan Metode Mulazamah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Santri Kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Bilal Bin Rabah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui seberapa besar penerapan metode mulazamah pada mata Pelajaran fiqih di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Bilal bin Rabah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025, (2) Mengetahui seberapa tinggi prestasi belajar santri kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Pondok Pesantren Bilal bin Rabah Sukoharjo pada mata pelajaran fiqih dengan menggunakan metode pembelajaran mulazamah , (3) Mengetahui pengaruh penerapan dari penerapan metode mulazamah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih Santri Kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Bilal bin Rabah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh santri kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Bilal Bin Rabah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi pearson product moment serta uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Penerapan metode mulazamah pada mata pelajaran fiqih dikategorikan “Cukup” dengan 11 santri (32,4%) berada pada kategori ini, (2) Prestasi belajar mata pelajaran fiqih dikategorikan “Cukup”, dengan 17 santri (50%), (3) Korelasi antara penerapan metode mulazamah (variabel X) dengan prestasi belajar (variabel Y) menghasilkan nilai sebesar 0,087 dengan signifikansi 0,624, yang mengindikasikan hubungan yang “sangat lemah”. Selain itu nilai korelasi (Rhitng) yang lebih kecil dari nilai (Rtabel) pada taraf signifikansi 1% dan 5% yang menjadikan hipotesis alternatif (HA) ditolak dan hipotesis nol (H0) diterima. Hasil analisi regresi linear sederhana menunjukan bahwa pengaruh penerapan metode mulazamah terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih sebesar 0,8%

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Mulazamah, Prestasi Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dimas Hanif Adi Baskoro
Date Deposited: 11 Jun 2025 01:04
Last Modified: 11 Jun 2025 01:04
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year