Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA 1 Colomadu

Kurniyadi, Mahmud Darul (2025) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA 1 Colomadu. Tesis, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman depan.pdf] Text
Halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran dapat mencapai suatu keberhasilan apabila menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Namun kenyataan di lapangan masih ada guru pendidikan agama islam belum menggunakan strategi dalam proses pembelajaran dikelas. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan tentang metode pengajaran yang efektif. Hal ini mengakibatkan pendekatan pengajaran yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar (motivasi) siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Colomadu, Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan terhadap guru PAI, siswa, serta pihak terkait lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SMA Negeri 1 Colomadu menggunakan berbagai strategi, seperti penerapan pembelajaran yang interaktif, penggunaan media pembelajaran yang relevan, serta pendekatan personal kepada siswa untuk meningkatkan motivasi belajar. Selain itu, pemberian penghargaan dan penekanan pada relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari juga turut berperan penting dalam meningkatkan minat belajar siswa. Strategi-strategi ini terbukti efektif dalam membangkitkan motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa, meskipun masih terdapat tantangan yang perlu diatasi, seperti keterbatasan waktu dan fasilitas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan pembelajaran PAI di sekolah-sekolah lain.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Minat Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.072 Riset Penelitian Agama Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahmud Darul K
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:47
Last Modified: 12 Jun 2025 02:47
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year