Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Prestasi Belajar Quran Hadist pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah 2 Karanganyar Tahun 2024/2025

Raditya, Kahfi Rafi Hanif Raditya (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Prestasi Belajar Quran Hadist pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah 2 Karanganyar Tahun 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Judul.pdf] Text
Halaman Judul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Persoalan utama yang dihadapi sekolah secara umum adalah terkait dengan pembelajaran masih berpusat pada pendidik (teacher center). Metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Selain itu, belum diterapkan metode pembelajaran Snowball Throwing.
Penelitian ini ialah penelitian lapangan, dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode sistematis untuk mengumpulkan data numerik dan menganalisisnya secara statistik. Polulasi dan sampel dalam penelitian yaitu sebesar 32 siswa. Teknik sampel menggunakan purposive sampel. Rancangan penelitian menggunakan Pre-Experiment Design dengan bentuk One Group Pre test-Post test Design yang dilakukan di MTs N 2 Karanganyar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data hipotesis uji-t atau t-test. Untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan 1) perolehan hasil Pre test kelas VII mendapatkan skor total 1.290 dengan rata-rata 40.31. Nilai berkisar dari 20 hingga 65, dengan standar deviasi 11.49. Hasil Pre test siswa kelas VII menunjukkan perlunya pendekatan yang lebih terfokus dalam pengajaran, 2) setelah pembelajaran dengan metode Snowball Throwing, siswa diberikan posttes yang sama dengan soal pretes. Setelah dilakukannya perlakuan terhadap kelas VII diperoleh hasil nilai post test didapatkan jumlah nilai seluruh siswa 2.055 dengan nilai rata-rata 64.22. Nilai tertingginya adalah 95, nilai terendahnya adalah 40 dan standar deviasi-nya adalah 12.95. Implementasi dari penggunaan metode tersebut juga efektif jika dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik, dan 3) berdasarkan tabel hasil uji Statistik Deskriptif Data Pre test dan Post test, dapat diketahui pada perbandingan rata-rata nilai Pre test dan post test. Rata-rata nilai Pre test adalah 40,31 dan rata-rata nilai post test adalah 64,22. Terdapat kenaikan rata-rata nilai antara Pre test dan post test sebesar 59,3%. Kesimpulannya adalah terjadi perubahan yang cukup signifikan jika dilihat dari nilai rata-rata hasil Pre test dan post test. Berdasarkan pengujian terdapat nilai t tabel dan t hitung diperoleh hasil nilai t tabel yang terletak pada df = 31 adalah 1,695. Sehingga diperoleh nilai t hitung = 12,938 > t tabel = 1,695. Nilai Signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat dikatakan Ha diterima. Hal ini berarti penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing efektif terhadap prestasi belajar peserta didik pada pelajaran Quran Hadist kelas VII B di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Karanganyar.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Prestasi Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kahfi Rafi
Date Deposited: 12 Jun 2025 04:21
Last Modified: 12 Jun 2025 04:21
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year