Hidayat, Aziz (2025) Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Ihsan Doglo Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, IIM SURAKARTA.
![[thumbnail of Halaman Depan.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (155kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (396kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (175kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (7MB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (74kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini membahas efektivitas penerapan metode Ummi untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswi kelas III Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Ihsan Doglo Boyolali tahun pelajaran 2024/2025. Latar belakang studi adalah rendahnya tingkat kelancaran, pelafalan makhraj, dan penerapan tajwid di kalangan siswi, yang diperparah oleh keterbatasan metode pengajaran konvensional, minimnya motivasi baca, serta kurangnya guru bersertifikasi khusus Al-Qur’an.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik; data dikumpulkan melalui observasi terstruktur, wawancara semi terbuka dengan kepala Madrasah, guru PAI, dan ketua asrama, serta analisis dokumentasi akademik. Subjek utama berjumlah 30 siswi, didukung tiga informan kunci.
Hasil analisis menunjukkan bahwa integrasi metode Ummi dengan strategi direct method, repetisi terarah, dan pendekatan kasih saying mampu menurunkan kesalahan tajwid hingga 60 %, memperbaiki ketepatan makhraj huruf, serta meningkatkan kelancaran bacaan dari kategori “cukup” menjadi “baik”. Kendala utama meliputi kekurangan tenaga pengajar bersertifikat Ummi Foundation dan kebijakan pemisahan kelas berbasis gender yang membatasi interaksi belajar. Rekomendasi meliputi penambahan pelatihan dan sertifikasi guru, penggabungan kelas dalam sesi baca simak, serta penjaminan mutu berkelanjutan melalui tashih dan tahsin periodik. Temuan ini menegaskan bahwa metode Ummi berpotensi menjadi solusi sistemik untuk meningkatkan literasi Al-Qur’an di lingkungan Madrasah.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Ummi, Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aziz Hidayat |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 09:01 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 09:01 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/367 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year