Analisis Soal Higher Order Thinking Skills Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo Tahun Ajaran 2023/2024

Khairunamira, Fathya (2024) Analisis Soal Higher Order Thinking Skills Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan penilaian berbasis HOTS menjadi salah satu agenda yang dilakukan oleh Direktorat PAI di Kementerian Agama dalam pelaksanaan standar penilaian pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di tingkat SMP. Maka dari itu, model penilaian HOTS pada mata pelajaran pendidikan agama Islam telah banyak digunakan di sekolah formal pada umumnya dan khususnya di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas soal Higher Order Thinking Skills mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII SMP Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mencari dan mengambil data secara langsung di SMP Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian Mengenai HOTS pada soal Sejarah Kebudayaan Islam, terdapat 25 soal pilihan ganda, 10 soal menjodohkan, 5 soal benar/salah serta 5 soal uraian. Dari 45 soal tersebut tidak ditemukan soal yang memenuhi kriteria pengembangan soal HOTS, 39 soal termasuk dalam kategori mengingat (C1) dan 6 soal termasuk dalam kategori memahami (C2). Dilihat dari jumlah tersebut, maka penggunaan soal HOTS pada soal Ujian Akhir Semester pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas VIII SMP Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo ini belum memenuhi kriteria pengembangan soal HOTS.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Higher Order Thinking Skills (HOTS), Penilaian Pendidikan, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fathya Khairunamira
Date Deposited: 13 Jun 2025 08:54
Last Modified: 13 Jun 2025 08:54
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year