Pengaruh Implementasi Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Siswa Kelas XI Putri MA Darul Fikri Ponorogo

Az-zulfa, Mahdha Nafilata Aulia (2025) Pengaruh Implementasi Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Siswa Kelas XI Putri MA Darul Fikri Ponorogo. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of halaman depan.pdf] Text
halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Problem Based Learning merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Problem Based Learning pada mata Pelajaran fiqih dikelas XI MA Darul Fikri Ponorogo, mengetahui hasil belajar fiqih dikelas XI MA Darul Fikri dan menganalisis seberapa tinggi pengaruh Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif. Sampel yang dipilih adalah 29 siswa kelas XI putri MA Darul Fikri Ponorogo. Teknik pengumpulan data variabel Problem Based Learning dilakukan dengan penyebaran angket sedangkan teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan dokumentasi dari nilai ulangan. Teknik analisis yang digunakan adalah Teknik statistik untuk menggambarkan hasil penelitian yang dilakukan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji validitas, uji reliabilitas dan linieritas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Problem Based Learning dikategorikan sedang dengan persentase 48,28%. 2). Hasil belajar pada mata Pelajaran Fiqih di kelas XI MA Darul Fikri Ponorogo tergolong sedang dengan persentase sebesar 58,62%. 3). Tidak ada pengaruh antara Problem Based Learning terhadap hasil belajar fiqih kelas XI putri MA Darul Fikri Ponorogo dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan t hitung dengan hasil 0,489<1,703, karena t hitung < daripada t tabel maka Ha ditolak dan Ho diterima.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdha Nafilata Aulia Az-zulfa
Date Deposited: 13 Jun 2025 08:01
Last Modified: 13 Jun 2025 08:01
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year