Pengaruh Penerapan Program Digital Class Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII di SMP Islam Al-Azhar 21 Solo Baru Tahun Ajaran 2024/2025.

Purnama, Hadi (2025) Pengaruh Penerapan Program Digital Class Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII di SMP Islam Al-Azhar 21 Solo Baru Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan program Digital Class pada siswa kelas VIII di SMP Islam Al-Azhar 21 Solo Baru tahun ajaran 2024/2025, (2) Bagaimana Hasil Belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Islam Al-Azhar 21 Solo Baru tahun ajaran 2024/2025, (3) Bagaimana pengaruh penerapan program Digital Class terhadap Hasil Belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMP Islam Al-Azhar 21 Solo Baru tahun ajaran 2024/2025.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 21 Solo Baru Tahun Ajaran 2024/2025, yang berjumlah 129 peserta didik, sedangkan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40% dari total populasi seluruhnya dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling, dan hasil hitungannya dibulatkan dari 51,6 menjadi 52. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner dan Dokumentasi. Adapaun Teknik Analisis Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Teknik Analisis Deskriptif.
Hasil dari penelitian ini: (1) Tingkat Penerapan Program Digital Class pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al-Azhar 21 Solo Baru Tahun ajaran 2024/2025 didapatkan dengan nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 63. Adapun nilai terbanyak dengan jumlah responden 19 berada pada nilai skor 90–100 dengan kategori Sangat Tinggi. (2) Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al-Azhar 21 Solo Baru Tahun Ajaran 2024/2025 didapatkan nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 53. Adapun nilai terbanyak dengan jumlah responden 30 berada pada nilai skor 86,2-96,29 dengan kategori Baik. (3) Pengaruh Penerapan Program Digital Class Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII di SMP Islam Al-Azhar 21 Solo Baru Tahun Ajaran 2024/2025 diperoleh nilai t hitung sebesar = 4,001, dan t tabel diperoleh sebesar = 2,008. Didapatkan juga nilai signifikan t dari variabel X (Penerapan Program Digital Class) adalah 0,001 < 0,05. Karena nilai t hitung > t tabel dan nilai signifikansi t < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan program Digital Class terhadap Hasil Belajar.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Penerapan Program Digital Class, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hadi Purnama
Date Deposited: 16 Jun 2025 03:28
Last Modified: 16 Jun 2025 03:28
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year