Pengaruh Penerapan Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Hadits Pada Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Madinah Nogosari Tahun Ajaran 2024/2025

Ridhwan, Farras Muhammad (2025) Pengaruh Penerapan Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Hadits Pada Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Madinah Nogosari Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman.pdf] Text
Halaman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan reward dan punishment merupakan bentuk motivasi eksternal yang berlandaskan teori behavioristik. Rendahnya motivasi belajar siswa seringkali dipengaruhi oleh metode mengajar guru. Oleh karena itu, strategi penerapan reward dan punishment dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh signifikan penerapan reward terhadap motivasi belajar mata pelajaran Hadits pada siswa kelas VII di SMP IT Al Madinah Nogosari Tahun Ajaran 2024/2025, (2) mengetahui pengaruh signifikan penerapan punishment terhadap motivasi belajar siswa, dan (3) mengetahui pengaruh reward dan punishment secara simultan terhadap motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh penerapan reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa baik secara parsial maupun secara simultan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara reward terhadap motivasi belajar siswa (t hitung = 4,052 ≥ t tabel = 1,667), (2) tidak terdapat pengaruh signifikan antara punishment terhadap motivasi belajar siswa (t hitung = 1,141 ≤ t tabel = 1,667), dan (3) terdapat pengaruh positif signifikan secara simultan antara reward dan punishment terhadap motivasi belajar (F hitung = 10,919 ≥ F tabel = 3,132). Dengan demikian, reward terbukti berpengaruh signifikan, sedangkan punishment tidak, namun keduanya bersama-sama memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Penerapan Reward, Punishment, dan Motivasi Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farras Muhammad Ridhwan
Date Deposited: 16 Jun 2025 08:33
Last Modified: 17 Jun 2025 07:50
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year