Pengaruh Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Program Khusus di MTs Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Ayuningtyas, Feronika Ananda (2025) Pengaruh Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Program Khusus di MTs Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman depan.pdf] Text
Halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan inovasi dalam sistem pendidikan Indonesia yang bertujuan memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dan pendidik dalam merancang proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Hal ini mempengaruhi pula terhadap keberhasilan proses belajar mengajar dan hal tersebut berdampak ke hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kurikulum merdeka terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak kelas program khusus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas program khusus sebanyak 116 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis korelasi dengan teknik analisis data berupa analisis regresi linear sederhana. Untuk menguji keabsahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji linearitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum merdeka tergolong sedang berjumlah 22 siswa atau 40 %, hasil belajar akidah akhlak tergolong kurang berjumlah 24 siswa atau 44 %, dan berpengaruh posistif secara signifikan dengan nilai sebesar 0,001 (< 0,05). Karena nilai r hitung 0,440 lebih besar dari r tabel 0,266. Maka dengan demikian H0 ditolak H1 diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antata kurikulum merdeka terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas program khusus di MTs Muhammadiyah Blimbing. Kemudian pada perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa nilai r square sebesar 0,194 yang artinya bahwa pengaruh kurikulum merdeka terhadap hasil belajar akidah akhlak itu sebesar 19,4 %, sedangkan sisanya 80,6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.3 Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feronika Ananda Ayuningtyas
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:10
Last Modified: 17 Jun 2025 01:10
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year