Pengaruh Bimbingan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan Ibadah pada Siswa Sekolah Menengah Pertama El Dzikr Islamic Boarding School Bulu Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Al ithriy, Abu Husein Ibrahim (2025) Pengaruh Bimbingan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan Ibadah pada Siswa Sekolah Menengah Pertama El Dzikr Islamic Boarding School Bulu Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Cover-Sblm BAB I.pdf] Text
Cover-Sblm BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari bimbingan yang diberikan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap disiplin ibadah siswa di SMP El Dzikr Islamic Boarding School (ELIBS) Bulu Sukoharjo pada tahun ajaran 2024/2025. disiplin adalah tindakan yang menunjukkan prilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan yang berlaku.
Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan survei yang bersifat korelasional. Penelitian dilakukan di SMP El Dzikr Islamic Boarding School Bulu Sukoharjo, dengan seluruh siswa SMP ELIBS putra sebagai objek penelitian. Data diperoleh melalui angket yang telah diuji untuk validitas dan reliabilitasnya, yang dibuktikan dengan hasil pengujian validitas dan reliabilitas instrumen pada variabel bimbingan guru PAI serta kedisiplinan ibadah siswa. Metode analisis data yang diterapkan meliputi analisis statistik deskriptif, pengujian normalitas, pengujian linieritas, korelasi Product Moment, serta regresi linier sederhana untuk mengidentifikasi hubungan dan pengaruh di antara kedua variabel yang diteliti.
Hasil dari penelitian mengindikasikan bahwa mayoritas yaitu sebesar 62% siswa menilai bahwa bimbingan guru PAI sudah cukup baik, yang artinya bimbingan yang dilakukan guru PAI terhadap siswa kurang maksimal. Adapun kedisiplinan ibadah mayoritas siswa memiliki kedisiplinan yang cukup, yaitu sebesar 70% siswa. Berdasarkan hasil hipotesis didapati bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Bimbingan Guru PAI terhadap Kedisiplinan Ibadah Siwa SMP Elibs.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Bimbingan, Guru, PAI, Kedisiplinan, Ibadah.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abu Husein Ibrahim Al ithriy
Date Deposited: 17 Jun 2025 08:54
Last Modified: 17 Jun 2025 08:54
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year