Pengaruh Story Based Learning pada Mata Pelajaran Akhlak Terhadap Perilaku Religius Siswa di Madrasatul Qur’an Al Mutawassithoh Putri Jajar Islamic Center Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Alifah, Alifah (2025) Pengaruh Story Based Learning pada Mata Pelajaran Akhlak Terhadap Perilaku Religius Siswa di Madrasatul Qur’an Al Mutawassithoh Putri Jajar Islamic Center Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of cover alifah.pdf] Text
cover alifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 1 alifah.pdf] Text
bab 1 alifah.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of bab ii alifah.pdf] Text
bab ii alifah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3 alifah.pdf] Text
bab 3 alifah.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of bab iv alifah.pdf] Text
bab iv alifah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5 alifah.pdf] Text
bab 5 alifah.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of daftar pustaka alifah.pdf] Text
daftar pustaka alifah.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of lampiran alifah.pdf] Text
lampiran alifah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan akhlak memiliki peran penting dalam membentuk perilaku religius siswa, terutama di lingkungan pendidikan berbasis Islam. Namun, metode pembelajaran konvensional kurang efektif dalam menanamkan makna mendalam dari ajaran akhlak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Story Based Learning (SBL) pada mata pelajaran Akhlak terhadap perilaku religius siswa di Madrasatul Quran Al Mutawassithoh (MQW) Putri Jajar Islamic Center Surakarta, dengan harapan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang lebih relevan dan efektif untuk mencetak generasi yang berkarakter religius.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Rancangan penelitian ini dilaksanakan di Madrasatul Quran Al Mutawassithoh (MQW) Putri Jajar Islamic Center Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Analisis data menggunakan analisis korelasional dengan teknik analis data berupa analisis regresi sederhana. Untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji linearitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) SBL pada mata Pelajaran Akhlak di MQW putri Jajar Islamic Center Surakarta menunjukkan presentase sebesar 70% dengan kategori cukup; 2) tingkat perilaku religius siswa di MQW putri Jajar Islamic Center Surakarta menunjukkan presentase sebesar 60% dengan kategori sedang; 3) berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa t hitung -1,535 > t tabel 2,048 yang berarti tidak ada pengaruh signifikan antara Story Based Learning (SBL) pada mata Pelajaran akhlak terhadap perilaku religius siswa di Madrasatul Quran Al Mutawassithoh (MQW) Putri Jajar Islamic Center Surakarta tahun ajaran 2024/2025.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Story Based Learning, Religious Behavior
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 203 Praktik Keagamaan Lainnya
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alifah Alifah
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:13
Last Modified: 23 Jun 2025 08:13
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year