Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achivement Divisions terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI di SMA Majlis Tafsir Al-Qur'an Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Kusuma, Chandra Jaya (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achivement Divisions terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI di SMA Majlis Tafsir Al-Qur'an Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Seberapa besar Pengaruh penerapan Model Pemebelajaran STAD di SMA Majlis Tafsir Al-Qur’an Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025, (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Majlis Tafsir Al-Qur’an Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025, (3) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMA Majlis Tafsir Al-Qur’an Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Kelas XI SMA Majlis Tafsir Al-Qur’an Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025, yang berjumlah 311 peserta didik. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20% (62 siswa) dari total populasi seluruhnya dengan teknik pengambilan sampel Purposive sampling. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner dan Dokumentasi. Adapaun Teknik Analisis Datanya adalah menggunakan Teknik Analisis Deskriptif.
Hasil dari penelitian ini: (1). Tingkat penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PAI di SMA MTA Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025 menunjukkan nilai tertinggi 93 dan terendah 49. Mayoritas responden (42 siswa) berada pada rentang nilai 70–86 dengan kategori sedang (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI menunjukkan nilai tertinggi 96 dan terendah 83. Sebagian besar siswa (49 responden) memperoleh nilai 82–90 dengan kategori baik. (3) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA MTA Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025 diperoleh nilai t hitung sebesar = 1,150, dan t tabel diperoleh sebesar = 2.000. Karena nilai t hitung < t tabel, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Penerapan Model pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran STAD , Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chandra Jaya Kusuma
Date Deposited: 24 Jun 2025 03:00
Last Modified: 24 Jun 2025 03:00
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year