Relevansi Pendidikan Pesantren Untuk Santri Usia Sekolah Dasar Studi Komparasi Ibtidaiyyah Berasrama dan Non asrama Perspektif Guru Pondok Pesantren Imam Bukhari Karanganyar

Zubaidah, Citra (2025) Relevansi Pendidikan Pesantren Untuk Santri Usia Sekolah Dasar Studi Komparasi Ibtidaiyyah Berasrama dan Non asrama Perspektif Guru Pondok Pesantren Imam Bukhari Karanganyar. Tesis, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji relevansi pendidikan pesantren untuk santri usia sekolah dasar melalui studi komparatif antara program Ibtidaiyyah berasrama dan non-asrama di Pondok Pesantren Imam Bukhari Karanganyar. Fokus utama penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan pengelolaan, efektivitas dalam memfasilitasi minat belajar, serta pembentukan karakter, akhlak, dan kemandirian santri dari sudut pandang para guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta triangulasi untuk memastikan validitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara program Ibtidaiyyah berasrama dan non-asrama dalam aspek emosional, kemandirian, pengasuhan, keterlibatan orang tua, serta efektivitas pengelolaan kurikulum. Program non-asrama dinilai lebih efektif dalam menunjang kestabilan emosional dan kedekatan dengan orang tua, sedangkan program berasrama lebih unggul dalam melatih kemandirian. Namun demikian, kompleksitas pengasuhan dan kendala pada santri usia dini dalam adaptasi terhadap sistem asrama menjadi faktor pertimbangan utama dalam perubahan kebijakan dari berasrama ke non-asrama. Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengelola lembaga pendidikan Islam dan orang tua dalam memilih model pendidikan yang sesuai bagi anak usia sekolah dasar.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pesantren, Ibtidaiyyah, Berasrama, Non-Asrama, Anak Usia Sekolah Dasar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Citra Zubaidah
Date Deposited: 25 Jun 2025 00:45
Last Modified: 25 Jun 2025 00:46
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year