Pengaruh Ekstrakurikuler Memanah Terhadap Konsentrasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ar Risalah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Romadlon, Faiz Ridwan (2025) Pengaruh Ekstrakurikuler Memanah Terhadap Konsentrasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ar Risalah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler memanah siswa di SMPIT Ar Risalah Sukoharjo tahun ajaran 2024/2025. Mengetahui tingkat konsentrasi belajar mata pelajaran PAI di SMPIT Ar Risalah Sukoharjo tahun ajaran 2024/2025. Serta untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler memanah terhadap konsentrasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMPIT Ar Risalah Sukoharjo tahun ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya konsentrasi belajar dalam proses pembelajaran serta perlunya pendekatan yang inovatif dan menyenangkan untuk meningkatkan fokus belajar siswa. Kegiatan memanah dinilai mampu melatih fokus, ketenangan, dan kedisiplinan, yang merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas belajar siswa.

Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi untuk mengetahui hubungan antara variabel X dan variabel Y. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan pearson product moment dan regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan ekstrakurikuler memanah menunjukkan prosentase sebesar 34,1% dengan frekuensi terbanyak berada pada rumus hitungan 45,7273 > X >_ dalam predikat cukup. (2) Konsentrasi belajar menunjukkan prosentase 34,1% dengan frekuensi terbanyak berada pada rumus hitungan 48,59108 > X >_ 41,5682 dalam predikat baik. (3) Pengaruh sholat tahajud terhadap kecerdasan emosional terdapat kategori korelasi yang kuat dengan nilai 0,554 dikonfirmasi menggunakan regresi linear sederhana dengan hasil persamaan Y = 12,972 + 0,625X, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler memanah, Konsentrasi belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faiz Ridwan Romadlon
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:04
Last Modified: 07 Jul 2025 07:04
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year