Prayoga, Sain Gerry (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX Program Khusus Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
![[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (146kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (163kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (219kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (34kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Seberapa Tingkat Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025, (2) Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025, (3) Bagaimana Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025, (4) Bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX Program Khusus Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Kelas IX MTsN 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025, yang berjumlah 368 peserta didik, sedangkan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15% dari total populasi seluruhnya dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling, dan hasil hitungannya dibulatkan dari 55,2 menjadi 55. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner dan Dokumentasi. Adapaun Teknik Analisis Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Teknik Analisis Deskriptif.
Hasil dari penelitian ini: (1) Tingkat Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025 didapatkan dengan nilai tertinggi adalah 40 dan nilai terendah adalah 10. Adapun nilai terbanyak dengan jumlah responden 32 berada pada nilai skor 25,1–32,5 dengan kategori Tinggi. (2) Tingkat Motivasi Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025 didapatkan nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 57. Adapun nilai terbanyak dengan jumlah responden 20 berada pada nilai skor 67,76-78,5 dengan kategori Rendah. (3) Tingkat Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025 didapatkan nilai tertinggi adalah 91 dan nilai terendah adalah 76. Adapun nilai terbanyak dengan jumlah responden 28 berada pada nilai skor 86-90 dengan kategori Tinggi (4) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX Program Khusus Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025 diperoleh nilai r-Square sebesar 0,026, dan 0,097,4 serta 0,940 sisanya dipnegaruhi oleh variable lain diluar penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Model Pemebelajaran Kooperati Tipe Numbered Heads Together terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqih |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.072 Riset Penelitian Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sain Gerry Prayoga |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 06:14 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 06:14 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/488 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year