Pengaruh Penerapan Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX A Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ar-Risalah Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025

Wiyono, Joko (2025) Pengaruh Penerapan Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX A Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ar-Risalah Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Rendahnya hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk penggunaan metode pengajaran yang saat ini belum optimal dalam meningkatkan hasil belajar PAI di kelas IX A SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo. Situasi ini menyebabkan siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar PAI menjadi rendah. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain peran (role playing) terhadap hasil belajar PAI di kelas IX A SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX A SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo.Teknik pengambilan data untuk variabel X menggunakan angket dengan sampel 27 siswa kelas IX A. Sedangkan untuk teknik pengambilan data variabel Y menggunakan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran role playing di kelas IX SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo untuk Tahun Ajaran 2024/2025 tergolong sedang, dengan hasil mencapai 48 % atau setara dengan 12 siswa menurut kuesioner yang telah disebarkan kepada 27 responden.Pencapaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IX A SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo untuk Tahun Ajaran 2024/2025 berada pada kategori sedang, yakni 74 % atau 20 siswa menurut data dari rapor siswa dengan total 27 siswa.Hasil hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh dengan signifikansi 0,692. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran role playing berpengaruh terhadap ketercapaian hasil belajar PAI pada siswa kelas IX A SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo Tahun Ajarang 2024/2025.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing), Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam(PAI).
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Joko Wiyono
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:13
Last Modified: 22 Jul 2025 04:13
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year