Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Keaktifan Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Fikih di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Hasanah, Fadhilah (2025) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Keaktifan Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Fikih di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of BAB  II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran mata pelajaran fikih di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa akibat metode pembelajaran yang monoton, khususnya dalam pelajaran fikih yang dianggap kurang menarik. Quizizz, sebagai aplikasi pembelajaran berbasis permainan, menawarkan pendekatan interaktif dan menyenangkan yang dapat mendorong partisipasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasieksperimen, melibatkan dua kelompok: eksperimen (menggunakan Quizizz) dan kontrol (menggunakan metode konvensional). Data dikumpulkan melalui observasi dan angket, serta dianalisis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa pada kelompok eksperimen meningkat secara signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Aspek visual, mendengarkan, motorik, dan partisipasi lisan lebih dominan pada kelompok eksperimen. Penggunaan Quizizz tidak hanya meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, tetapi juga memudahkan guru dalam proses evaluasi pembelajaran secara real-time. Dengan demikian, Quizizz dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran berbasis teknologi yang efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa, khususnya pada mata pelajaran yang cenderung dianggap membosankan.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Quizizz, Keaktifan, Fikih
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadhilah Hasanah
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:25
Last Modified: 22 Jul 2025 03:25
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year