Analisis Penggunaan E-Book dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Qothrunnada, Naila (2025) Analisis Penggunaan E-Book dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Insitut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) penggunaan E-book dalam Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2024/2025, 2) faktor apa saja yang mendukung penggunaan e-book pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas XI, 3) faktor apa saja yang menghambat digunakannya e-book pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas XI
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dimana peneliti akan membandingkan data yang diperoleh dari dari berbagai sumber. Adapun sumber dari penelitian ini terdiri dari 6 subjek kelas XI dan 6 informan (guru mata pelajaran,kepala sekolah, dan 4 siswa kelas lain). Kemudian untuk analisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian mengatakan bahwa : 1) penggunaan e-book dalam Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas XI belum terprogram secara khusus dalam kurikulum sekolah, namun banyak guru yang sudah menerapkan penggunaan e-book sebagai media dalam pengajarannya. E-book juga bisa memberikan pengalaman belajar yang nyaman dan interaktif, memudahkan pemahaman terkait materi pembelajaran dan cukup efektif untuk meningkatkan motivasi belajar. Penggunaan e-book juga bisa menjadi salah satu solusi bagi para guru yang ingin mencari media belajar yang interaktif dengan aksebilitas yang mudah. 2) Faktor-faktor yang mendukung penggunaan e-book dalam pembelajaran kolaborasi yang baik antara guru,wali murid dan lingkungan sekolah sehingga mendukung siswa secara keseluruhan. 3) faktor-faktor yang menghambat antara lain kondisi dan latar belakang siswa serta sarana prasarana yang tersedia.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: E-Book, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Naila Qothrunnada
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:21
Last Modified: 25 Aug 2025 07:21
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year