Pengaruh Media Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Fatah Putri Temboro Tahun Ajaran 2024/2025

Aisyah, Annisa Nur (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Fatah Putri Temboro Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran crossword puzzle terhadap hasi belajar siswa kelas VIII MTs Al-Fatah Putri Temboro, pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Besar sample pada penelitian ini adalah 50 siswa dari kelas VIII MTs Al-Fatah Putri Temboro. Teknik pengumpulan data penelitian variable X menggunakan kuisioner/angket, untuk data variable Y menggunakan dokumentasi yaitu nilai raport semester 1. Teknik analisis data uji prasyarat menggunakan rumus One Sample Kolomogrof Smirnov Test yang dianalisis menggunakan bantuan SPSS Versi 22.0. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh negatif variabel X terhadap variable Y, sehingga kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Al-Fatah Putri Temboro Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Crosssword Puzzle, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa Nur Aisyah
Date Deposited: 28 Aug 2025 04:01
Last Modified: 28 Aug 2025 04:03
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year