Setyaningtyas, Inas (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Terpadu (MTsT) Al-Hikam Banyudono Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba`ul `Ulum Surakarta.
![[thumbnail of Inas Setyaningtyas_2380022607_HALAMAN DEPAN - Inas S.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Inas Setyaningtyas_2380022607_HALAMAN DEPAN - Inas S.pdf
Restricted to Registered users only
Download (978kB) | Request a copy
![[thumbnail of Inas Setyaningtyas_2380022607_BAB1 - Inas S.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Inas Setyaningtyas_2380022607_BAB1 - Inas S.pdf
Download (306kB)
![[thumbnail of Inas Setyaningtyas_2380022607_BAB2 - Inas S.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Inas Setyaningtyas_2380022607_BAB2 - Inas S.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (456kB) | Request a copy
![[thumbnail of Inas Setyaningtyas_2380022607_BAB3 - Inas S.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Inas Setyaningtyas_2380022607_BAB3 - Inas S.pdf
Download (198kB)
![[thumbnail of Inas Setyaningtyas_2380022607_BAB4 - Inas S.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Inas Setyaningtyas_2380022607_BAB4 - Inas S.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (269kB) | Request a copy
![[thumbnail of Inas Setyaningtyas_2380022607_BAB5 - Inas S.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Inas Setyaningtyas_2380022607_BAB5 - Inas S.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of Inas Setyaningtyas_2380022607_DAFTAR PUSTAKA - Inas S.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Inas Setyaningtyas_2380022607_DAFTAR PUSTAKA - Inas S.pdf
Download (131kB)
![[thumbnail of Inas Setyaningtyas_2380022607_LAMPIRAN - Inas S.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Inas Setyaningtyas_2380022607_LAMPIRAN - Inas S.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTsT Al-Hikam Banyudono Boyolali; 2) Pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTsT Al-Hikam Banyudono Boyolali; 3) Evaluasi implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VII di MTsT Al-Hikam Banyudono Boyolali.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis-kualitataif. Waktu dan lokasi dalam penelitian ini yaitu pada bulan Agustus hingga September 2024 di MTsT Al-Hikam Banyudono Boyolali. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru Akidah Akhlak. Sedangkan informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, guru Akidah Akhlak, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Akidah Akhlak sudah dilakukan dengan baik. 1) Perencanaan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Akidah Akhlak antara lain : a) Guru menganalisis Capaian Pembelajaran; b) Guru Menyusun Tujuan Pembelajaran; c) Guru menyususn Alur Tujuan Pembekajaran ; d) Guru menyususn modul ajar; e) Guru menyiapkan bahan ajar; f) guru melakukan asesmen diagnostik. 2) Pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Akidah Akhlak: a) Guru membuka pembelajaran dengan salam; b) Mengulang materi pertemuan sebelumnya; c) penyampaian materi; d) tanya jawab dan menyimpulkan materi; e) Membaca do’a penutup; f) mengakhiri pembelajaran dengan salam; g) Guru menggunakan beberapa metode pembelajaran untuk mengurangi kejenuhan siswa. 3) Evaluasi implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Akidah Akhlak: a) Guru menggunakan teknik tanya jawab dan quiz sebagai evaluasi dalam pembelajaran; b) Asesemen formatif dilakukan dengan tanya jawab dan dari keaktifan siswa; c) Asesmen sumatif dilakukan melalui latihan asesmen sumatif di buku.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pelajaran Akidah Akhlak |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Staf Perpus |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 03:36 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 03:36 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/60 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year