Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas XI Desain Komunikasi Visual (DKV) SMKN 1 Gesi Tahun Ajaran 2024/2025

Nuria, Ayu Ningtyas (2025) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas XI Desain Komunikasi Visual (DKV) SMKN 1 Gesi Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (633kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (868kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN SKRIPSI (1).pdf] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN SKRIPSI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) nilai penggunan media sosial Instagram siswa kelas XI DKV SMKN 1 Gesi,2) nilai prestasi belajar PAI siswa kelas XI DKV di SMKN 1 Gesi Kabupaten Sragen,3) pengaruh media media sosial Instagram dan Prestasi belajar secara bersama-sama terhadap mata Pelajaran PAI siswa kelas XI DKV di SMKN 1 Gesi Kabupaten Sragen.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 1 Gesi Sragen, dengan sampel berjumlah 33 siswa, guru pelajaraan Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket kuisioner, dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah sebaran kuisioner atau angket, dan dokumentasi nilai raport. Teknik analisis data dilakukan yaitu deskriptif statistic, presentasi RST, Uji Normalitas, Uji Hipotesis, dan penyajian simpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan,1) bahwa terdapat nilai penggunaan media sosial memberikan kontribusi ”Sedang” sebesar 54,5% terhadap prestasi belajar,2) Prestasi Belajar memiliki pengaruh yang lebih besar dengan kontribusi sebesar 90,91%. menunjukkan bahwa semakin tinggi prestasi belajarnya, semakin baik hasil belajar yang dicapainya,3) Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial Instagram terhadap Prestasi Belajar Siswa. Analisis data menggunakan regerensi berganda dengan SPSS 16.0 menunjukan bahwa nilai Fhitung sebesar 0,568 dan nilai Thitung 577> Ttabel 0,039. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan SPSS 16.0 menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 3,784 lebih besar dari Ftabel 3,06, yang mengindikasikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Sosial Instagram, Prestasi Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ayu Ningtyas Dewi Nuria
Date Deposited: 02 Sep 2025 08:44
Last Modified: 02 Sep 2025 08:44
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year