Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Fikih pada Kurikulum Merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Sulkarnadi, Sulkarnadi (2025) Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Fikih pada Kurikulum Merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Maba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of sampul.pdf] Text
sampul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Sukoharjo. 2) Bagaimana capaian pembelajaran siswa pada mata pelajaran Fiqih pada kurikulum merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Sukoharjo. 3) Seberapa besar pengaruh perencanaan pembelajaran berdiferensiasi terhadap capaian pembelajaran mata pelajaran Fiqih pada kurikulum merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Sukoharjo tahun pelajaran 2024/2025.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Sukoharjo yang berjumlah 164 siswa, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner/angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan bantuan software SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengaruh perencanaan pembelajaran berdiferensiasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Sukoharjo yang dibuktikan dengan menganalisis kuesioner dengan responden 33 siswa, 12 berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 36,4%. 2) Kemudian pada capaian pembelajaran yang dibuktikan dengan menganalisis kuesioner dengan responden
33 siswa, 12 berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 36,4%. 3) Terdapat pengaruh yang kuat antara pengaruh perencanaan pembelajaran berdiferensiasi terhadap capaian pembelajaran mata pelajaran Fiqih pada kurikulum merdeka di Madrasah Tanawiyah Negeri 01 Sukoharjo. Hal ini diketahui dari hasil uji analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana yang menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,01 < 0,05 berarti ada pengaruh perencanaan pembelajaran berdiferensiasi (X) terhadap capaian pembelajaran (Y), maka terdapat hubungan yang signifikan.
Jika diketahui nila t hitung sebesar 23.800 > 2.042, “maka ada pengaruh pada perencanaan pembelajaran berdiferensiasi (X) terhadap hasil belajar siswa (Y)”. maka hasil uji hipotesis berarti kritria kekuatan antara variabel pengaruh perencanaan pembelajaran berdiferensiasi terhadap capaian pembelajaran mempunyai korelasi atau pengaruh yang kuat.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Pembelajaran Berdiferensiasi, Capaian Pembelajaran
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sulkarnadi Sulkarnadi
Date Deposited: 04 Sep 2025 01:15
Last Modified: 04 Sep 2025 01:15
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year