Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTS Negeri 6 Sragen Tahun Ajaran 2024/2025

Agustin, Riska (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTS Negeri 6 Sragen Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan tanpa media pembelajaran bisa menyebabkan siswa merasa bosan dan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) seberapa tinggi hasil pre-test kelas eksperimen dan kontrol, (2) seberapa tinggi hasil post-test kelas eksperimen dan kontrol, (3) seberapa berpengaruh media pembelajaran wordwall terhadap prestasi belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 6 Sragen, waktu penelitian pada bulan Januari 2025 sampai Juni 2025. Sampel yang digunakan 40 dari 158 siswa kelas VII yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuisioner. Sebelum penelitian, tes dan kuisioner di uji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji Mann Whitney U Test dengan aplikasi SPSS versi 26 for windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil pre-test kelas eksperimen pada kategori tinggi sebesar 35%, kelas kontrol pada kategori tinggi sebesar 35%, (2) hasil post-test kelas eksperimen pada kategori tinggi sebesar 45%, dan kelas kontrol pada kategori rendah sebesar 35%, (3) terdapat perbedaan dalam prestasi belajar di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil 0,018 < 0,05, sehingga ada pengaruh antara media pembelajaran interkatif berbasis wordwall terhadap prestasi belajar.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Wordwall, Prestasi Belajar, Akidah Akhlak
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Informasi, Karya Umum > 006 Metode Komputer Khusus > 006.7 Sistem Multimedia, Video Interaktif
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riska Agustin
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:31
Last Modified: 22 Sep 2025 03:31
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year