Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Ilmu Teknologi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Az Zahra, Aisyah (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Ilmu Teknologi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui sejauh mana penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025, (2) Mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, dan (3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh antara model pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan populasi sebanyak 30 siswa kelas IT 1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran berbasis teknologi dikategorikan “cukup”, dengan 15 siswa (51,73%) berada dalam kategori ini, (2) Kemampuan berpikir kritis siswa juga berada dalam kategori “cukup”, dengan 16 siswa (53,33%), dan (3) Terdapat hubungan yang cukup kuat antara model pembelajaran berbasis teknologi dengan kemampuan berpikir kritis, dengan koefisien korelasi sebesar 0,561 dan signifikansi 0,001 (< 0,05). Analisis regresi menunjukkan bahwa model pembelajaran ini memberikan kontribusi sebesar 31,5% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,291 menunjukkan model regresi memiliki akurasi yang dapat diterima.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Teknologi, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aisyah Az Zahra
Date Deposited: 26 Sep 2025 01:35
Last Modified: 26 Sep 2025 01:35
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year