Pengaruh Metode Game Based Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Budi Utomo Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Qobilawati, Aulia (2025) Pengaruh Metode Game Based Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Budi Utomo Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya prestasi belajar pada mata pelajaran PAI, dikarenakan siswa pasif dalam pembelajaran dan guru kurang dalam penerapan metode pembelajaran yang bervariasi. Upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran PAI adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik dan bervariasi, salah satu contohnya metode game based learning. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan besar tingkat metode game based learning di SMP Budi Utomo Surakarta tahun 2024/2025, 2) mendeskripsikan tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Budi Utomo Surakarta tahun 2024/2025, 3) mendeskripsikan besar pengaruh metode game based learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Budi Utomo Surakarta tahun 2024/2025.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Budi Utomo pada bulan Maret- Mei 2025. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 189 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling berjumlah 65 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Adapun uji keabsahan dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, dan uji heterokedastisitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode game based learning di SMP Budi Utomo Surakarta berada pada kategori sedang dengan prosentase sebesar 72 % , 2) Prestasi belajar PAI di SMP Budi Utomo Surakarta berada pada kategori sedang dengan prosentase sebesar 52 %, 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa r hitung 0,247 > r tabel 0,24 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode game based learning dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Budi Utomo Surakarta.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Game Based Learning, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aulia Qobilawati
Date Deposited: 26 Sep 2025 01:43
Last Modified: 26 Sep 2025 01:43
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year