Pengaruh Penerapan Metode Storytelling terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen Tahun Ajaran 2024/2025

Khasanah, Afifah Nur (2025) Pengaruh Penerapan Metode Storytelling terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan Metode Storytelling di MTs Negeri 6 Sragen, (2) Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 6 Sragen, (3) Seberapa besar pengaruh penerapan metode storytelling terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 6 Sragen tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini dilakukan MTs Negeri 6 Sragen tahun ajaran 2024/2025, Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang terbentuk kuantitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII berjumlah 163 siswa, dan pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel 41 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Penerapan metode storytelling dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 6 Sragen diperoleh hasil sebanyak 16 siswa dengan mayoritas nilai interval 59 – 64 sebesar 39% mencapai kategori cukup, (2) Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VII di di MTs Negeri 6 Sragen diperoleh hasil sebanyak 23 siswa dengan mayoritas nilai interval 89 - 93 sebesar 56% mencapai kategori baik, (3) dan Pengaruh penerapan metode storytelling terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 6 Sragen tahun ajaran 2024/2025 diperoleh nilai signifikan sebesar 0,008 yang artinya nilai signifikan lebih kecil dari 0,05, maka artinya terdapat hubungan pada variabel X dan variabel Y. Dapat dilihat bahwa nilai Rhitung > Rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu -0,406 > 0,235 Maka hipotesis alternatif yang berbunyi “Ada pengaruh antara penerapan metode storytelling terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 6 Sragen tahun ajaran 2024/2025” diterima dan terbukti kebenarannya. Rhitung dimasukkan kedalam penafsiran harga koefisien korelasi, dengan kriteria penafsiran harga koefisien bahwa Rhitung = -0.406 berada diantara 0,25 sampai dengan 0,5 maka berarti penelitian ini memiliki korelasi cukup bahwa penerapan metode storytelling dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 6 Sragen.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Storyteling dan Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afifah Nur Khasanah
Date Deposited: 29 Sep 2025 01:54
Last Modified: 29 Sep 2025 01:54
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year