Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen Tahun Pelajaran 2024/2025

Setiawan, Andi (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Bagaimana deskripsi penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Quizizz terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen Tahun 2024/2025. 2) Bagaimana kuantitatif prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen Tahun 2024/2025. 3) Apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Quizizz berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen Tahun 2024/2025.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan siswa kelas VII sebanyak 79 siswa yang sekaligus dijadikan sebagai sampel dengan Teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas dan linearitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Deskripsi penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Quizizz memiliki kategori sedang sebesar 78% . 2) Kuantitatif prestasi belajar siswa pada mata pelajarah fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen memiliki kategori sedang sebesar 75%. 3) Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa t hitung 236 < t tabel 2,641 dan nilai signifikansi 0,814 > 0,05 sehingga Ha ditolak dan Ho diterima.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Quizizz, Pembelajaran Fiqih, Prestasi Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Setiawan
Date Deposited: 02 Oct 2025 07:06
Last Modified: 02 Oct 2025 07:06
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year