Penerapan Disiplin Positif Hubungannya dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SDN 02 Wonolopo Tasikmadu Karanganyar 2025/2026

Rozaq, Hafidz Abdul (2025) Penerapan Disiplin Positif Hubungannya dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SDN 02 Wonolopo Tasikmadu Karanganyar 2025/2026. Tesis, Institut Islam Mambaul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kedisiplinan postif siswa di SDN 02 Wonolopo Tasikmadu yang dibuktikan dengan adanya kehadiran siswa tepat waktu, mengikuti keseluruhan proses pembelajaran, mengerjakan tugas guru dengan baik, mengikuti upacara dan lain sebagainya. Di SDN 02 Wonolopo Tasikmadu melaksanakan kegiatan disiplin positif yang mempunyai hubungan dengan prestasi Belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan disiplin positif di SDN 02 Wonolopo Tasikmadu Karanganyar Tahun, hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SDN 02 Wonolopo Tasikmadu Karanganyar dan adakah hubungannya antara penerapan disiplin positif dengan hasil Belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SDN 02 Wonolopo Tasikmadu Karanganyar Tahun 2024/20252

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional untuk mengetahui sebarapa kuat atau ada tidaknya hubungan itu dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan skala dengan menggunakan tes.

Hasil penelitian ini adalah penerapan disiplin positif di SDN 02 Wonolopo Tasikmadu Karanganyar Tahun 2024/2025 masuk kriteria baik dengan rata-rata 46,64 yang masuk pada interval 43-46. Pada kategori sangat baik ada 38 siswa atau mencapai 61,29%, pada kategori baik ada 15 siswa atau mencapai 24,19%, pada kategori cukup ada 6 siswa atau mencapai 9,67%, pada kategori kurang ada Isiswa atau mencapai 1,61% dan pada kategori sangat kurang ada 2 siswa atau mencapai 3,22%. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SDN 02 Wonolopo Tasikmadu Karanganyar Tahun 2024/2025 masuk kriteria baik dengan rata-rata 91,29 yang masuk pada interval 89-93. Pada kategori sangat baik ada 34 siswa atau mencapai 54,83%, pada kategori baik ada 3 siswa atau mencapai 4,83%, pada kategori cukup ada 16 siswa atau mencapai 25,80%, pada kategori kurang ada 7siswa atau mencapai 11,29% dan pada kategori sangat kurang ada 2 siswa atau mencapai 3,22%. Hasil uji hipotesis menunjukan r hitung sebesar 0,918, untuk diterima dan tidaknya maka r hitung dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 1% dan 5%. Bila r hitung lebih besar dari r tabel maka Ha diterima dengan kata lain ra > r tabel atau ra >1% dan ra > 5%. Artinya 0,918 > 0,210 dan 0.918 > 0,249 artinya ada hubungan positif signifikan antara antara penerapan disiplin positif dengan hasil Belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SDN 02 Wonolopo Tasikmadu Karanganyar Tahun 2024/2025

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Positif
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hafidz Abdul Rozaq
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:52
Last Modified: 03 Oct 2025 03:52
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year