Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Tawangsari Tahun Ajaran 2024/2025

Rizqo, Dawam Masykur (2025) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Tawangsari Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (722kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media ‎audio visual oleh guru dalam pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak serta ‎seberapa besar pengaruh media tersebut terhadap minat belajar siswa kelas VIII ‎MTs Muhammadiyah Tawangsari tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini ‎menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-experimental. Populasi ‎dari penelitian ini berjumlah 110 siswa, kemudian Sampel penelitian berjumlah 28 ‎siswa yang diambil dari empat kelas menggunakan teknik proportional sampling. ‎Instrumen utama dalam pengumpulan data adalah angket yang telah diuji validitas ‎dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media audio ‎visual oleh guru berada pada kategori cukup hingga baik, dengan 50% responden ‎menyatakan penggunaan media dalam kategori baik, 42,86% cukup, dan hanya ‎‎7,14% yang menyatakan tidak baik. Adapun hasil minat belajar siswa ‎menunjukkan 50% dalam kategori baik, 39,29% cukup, dan 10,71% tidak baik. Uji ‎hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji koefiensi deternasi, menghasilkan ‎nilai R Square sebesar 0,012 yang berarti pengaruh penggunaan media audio visual ‎terhadap minat belajar hanya sebesar 1,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh ‎variabel lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media audio visual ‎memberikan kontribusi positif meskipun dalam tingkat pengaruh yang sangat ‎rendah terhadap minat belajar siswa. Implikasi dari temuan ini menekankan ‎pentingnya pelatihan guru dalam mengembangkan dan menerapkan media ‎pembelajaran yang menarik. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas ‎jumlah sampel, cakupan lokasi, dan menggabungkan pendekatan kualitatif guna ‎menggali faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi minat belajar siswa.‎

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Audio Visual, Minat Belajar‎
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dawam Masykur Rizqo
Date Deposited: 13 Oct 2025 04:04
Last Modified: 13 Oct 2025 04:04
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year