Pengaruh Pembelajaran Fiqih Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Surakarta 2024/2025

Azizah, Aulia (2025) Pengaruh Pembelajaran Fiqih Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Surakarta 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1)Untuk mengatahui Pembelajaran Fiqih Berbasis Proyek Siswa Kelas VII MTsN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. 2)Untuk mengatahui Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTsN Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. 3)Untuk mengatahui Pengaruh Pembelajaran Fiqih Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTsN Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis pendekatan Kuantitatif dengan korelasional. Lokasi penelitian di lakukan di MTsn 1 Surakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah Murid kelas VII yang menjadi sumber informasi yakni guru Fiqih dan siswa.
Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan dua metode yaitu, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa data responden, analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana dan kesimpulan,
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran fiqih berbasis proyek di kelas VII Sains MTsN 1 Surakarta tergolong baik dan berada pada kategori tinggi. Kemampuan berpikir kritis siswa juga berada dalam kategori tinggi. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pembelajaran fiqih berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dengan kontribusi pengaruh sebesar 61,8%.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fiqih Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.6 Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aulia Azizah
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:17
Last Modified: 06 Oct 2025 07:17
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year