Pengaruh Penerapan Metode Pendidikan Islami dalam Keluarga terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Kota Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Indrianto, Fajar (2025) Pengaruh Penerapan Metode Pendidikan Islami dalam Keluarga terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Kota Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (166kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III .pdf] Text
BAB III .pdf

Download (294kB)
[thumbnail of BAB IV .pdf] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan metode pendidikan Islami yang diterapkan dalam keluarga siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Surakarta. 2) Mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Surakarta. 3) Menganalisis pengaruh metode pendidikan Islami dalam keluarga terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Dari seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Surakarta yang berjumlah 213 siswa, yang islam berjumlah 189 siswa, sampel dari penelitian ini menggunakan teori Arikunto jumlah 100-300 orang diambil sampel 25%, maka 25% dari 189 siswa yang islam yaitu 48 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket kuisioner dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah sebaran kuisioner atau angket dan dokumentasi nilai raport. Teknik analisis data dilakukan yaitu deskriptif statistik, Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Hipotesis, dan penyajian simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pendidikan Islami dalam keluarga mayoritas berada pada kategori tinggi 43,75% dengan kategori sedang 39,58% dan rendah 16,66% menunjukkan penerapan yang cukup baik namun belum merata. 2) Prestasi belajar PAI siswa tergolong baik, dengan rata-rata 83,29, nilai tertinggi 94, terendah 75, dan seluruh siswa melampaui KKM. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara metode pendidikan Islami dalam keluarga dan prestasi belajar PAI (r = 0,581; sig. = 0,00), yang berarti semakin baik penerapan pendidikan Islam di rumah, se makin tinggi prestasi belajar siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Keluarga, Prestasi Belajar, PAI, SMP Negeri 17 Kota Surakarta.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fajar Indrianto
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:34
Last Modified: 09 Oct 2025 02:34
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year