Konsep Pendidikan Anak dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Karya Dr. Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahthani

Hanif, Muhammad (2025) Konsep Pendidikan Anak dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Karya Dr. Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahthani. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini (1) Untuk mengetahui konsep pendidikan anak dalam kitab Tarbiyatul Aulad karya Dr. Sa’id Bin Ali Bin Wahf Al-Qahthani, (2) untuk mengetahui strategi pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak.
Penelitian ini menggunakkan Jenis penelitian ini adalah berupa penelitian kepustakaan, penelitian kepustakaan (library research) Data data yang penulis kumpulkan merupakan data primer sebagai rujukan dan data sekunder sebagai pelengkap Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian adalah seluruh rangkaian kegiatan sebagai upaya menarik kesimpulan dari hasil kajian konsep atau teori yang mendukung penelitian ini. Untuk menganalisis pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak dalam kitab Tarbiyatul Aulad karya Dr. Sa’id Bin Ali Bin Wahf Al-Qahthani, digunakan content analisis atau telah sistematis atas catatan catatan atau dokumen sebagai sumber data.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 24 aspek penting dalam mendidik anak ala Nabawi yang di tulis didalam kitab Tarbiyatul Aulad Karya Dr. Sa’id Bin Ali Bin Wahf Al-Qahthani. Pada aspek-aspek tersebut, mencoba menjelaskan konsep penerapan pendidikan anak yang tepat sesuai dengan syariah keislaman. Setiap aspek menjelaskan lengkap langkah tepat untuk mendidik anak mulai dari awal mula pencarian pasangan suami istri yang tepat untuk membina rumah tangga, lalu setelah didalam pernikahan akan membangun rumah tangga yang menghadirkan anak untuk melengkapinya dimana dalam aspek tersebut menjelaskan cara tepat untuk mendidik , mengasuh, bersikap kepada anak sejak dari bayi, baligh, hingga menjadi pemuda yang dewasa. Kemudian terdapat 8 point penting dalam strategi pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak yang dapat diterapkan seperti (1) Penanaman Tauhid dan Keimanan yang Benar Landasan Moral Yang Kuat, (2) Memberikan Motivasi Berbuat Kebaikan, (3)Membina Akhlak Yang Mulia, (4) Pendidikan Ibadah Yang Benar, (5)Penddikan Iabadah Yang Benar, (6)Mengembangkan Akal dan Ilmu Pengetahuan, (7) Membina Fisik dan Kesehatan, (8)Memenuhi Unsur Emosional dan Kasih Sayang

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak, Kitab Tarbiyatul Aulad, DR. Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahthani
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.072 Riset Penelitian Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Hanif
Date Deposited: 13 Oct 2025 01:11
Last Modified: 13 Oct 2025 01:11
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year