Studi Komparatif Prestasi Belajar Siswa yang Mengikuti Tahfidz Plus dan yang Tidak Mengikuti di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Tahun Ajaran 2024/2025

Alfaruq, Umar (2025) Studi Komparatif Prestasi Belajar Siswa yang Mengikuti Tahfidz Plus dan yang Tidak Mengikuti di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul ulum.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang mengikuti program tahfidz plus; (2) Mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang tidak mengikuti tahfidz plus; dan (3) Mengetahui perbedaan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa yang mengikuti dan yang tidak mengikuti program tahfidz plus di SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi nilai rapor dan angket. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai prestasi belajar PAI siswa yang mengikuti tahfidz plus lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak mengikuti. Siswa tahfidz cenderung masuk dalam kategori “baik” hingga “sangat baik”, sedangkan siswa non-tahfidz berada pada kategori “cukup”. Uji korelasi Pearson menunjukkan hubungan sangat rendah antara keikutsertaan dalam tahfidz plus terhadap prestasi belajar PAI (r = 0,026) dan (r = 0,146). Nilai R Square dari hasil uji regresi linear juga menunjukkan pengaruh yang sangat kecil (0,1% dan 2,1%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa secara statistik pengaruhnya lemah, tetapi secara praktis program tahfidz plus memberikan dampak positif terhadap sikap belajar dan capaian akademik siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Tahfidz Plus, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.072 Riset Penelitian Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umar Alfaruq
Date Deposited: 14 Oct 2025 08:22
Last Modified: 14 Oct 2025 08:22
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year