Implementasi Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fiqih pada Materi Shalat Jamak dan Qashar Siswa Kelas VII B SMP IT MTA Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025

Atiyah, Ummu (2025) Implementasi Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fiqih pada Materi Shalat Jamak dan Qashar Siswa Kelas VII B SMP IT MTA Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih pada materi shalat jamak dan qasar siswa kelas VII B SMP IT MTA Karanganyar. (2) Mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih pada materi shalat jamak dan qashar siswa kelas 7B SMP IT MTA Karanganyar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP IT MTA Karanganyar. Sumber Data diperoleh dari wawancara langsung dengan waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian di lapangan menunjukkan bahwa : (1) Implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih pada materi salat jamak dan qashar di kelas VII B SMP IT MTA Karanganyar dilakukan secara sistematis melalui tiga tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Faktor pendukung implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih pada materi shalat jamak dan qashar siswa kelas VII B SMP IT MTA Karanganyar yaitu kesiapan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran, antusiasme dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran, fasilitas dan sarana yang memadai dan pembelajaran berbasis pengalaman. Adapun faktor penghambat implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih pada materi shalat jamak dan qashar siswa kelas VII B SMP IT MTA Karanganyar yaitu kurangnya fokus sebagian siswa, keterbatasan waktu pembelajaran, dan perbedaan tingkat pemahaman siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Pembelajaran Fiqih, Shalat Jamak dan Qashar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ummu Atiyah
Date Deposited: 17 Oct 2025 01:27
Last Modified: 17 Oct 2025 01:27
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year