Evaluasi Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Sebagai Program Unggulan di Madrasah Ibtidaiyah Tahfidzul Qur’an Al Manar Kabupaten Klaten

Fatoni, Mahfud Heru (2025) Evaluasi Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Sebagai Program Unggulan di Madrasah Ibtidaiyah Tahfidzul Qur’an Al Manar Kabupaten Klaten. Tesis, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) evaluasi context pada pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di MITQ Al Manar Klaten, berupa visi, misi lembaga, dan tujuan program hafalan, 2) evaluasi input pada pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di MITQ Al Manar Klaten, berupa kemampuan membaca Al-Qur’an dan latar belakang pendidikan pengajar, serta dukungan orang tua, 3) evaluasi process pada pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di MITQ Al Manar Klaten, berupa kegiatan pembelajaran, 4) evaluasi product pada pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di MITQ Al Manar Klaten, berupa hasil capaian belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program yang menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix method), yang mengombinasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MITQ Al Manar Klaten. Populasi adalah siswa, guru tahfizh Al-Qur’an, dan orang tua. Sampel ditarik dari populasi dengan simple random sampling. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif melalui empat tahapan, yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Sementara itu, data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis persentase. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, observasi, wawancara, dan penyebaran angket.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) pada evaluasi context, pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di MITQ Al Manar Klaten mendapatkan kategori sangat baik dengan skor 75%, 2) pada evaluasi input, pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di MITQ Al Manar Klaten mendapatkan kategori baik dengan skor 77%, 3) pada evaluasi process, pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di MITQ Al Manar Klaten mendapatkan kategori baik dengan skor 67%, 4) pada evaluasi product, pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di MITQ Al Manar Klaten mendapatkan kategori cukup baik dengan skor 45%. Rekomendasi untuk program hafalan di MITQ Al Manar Klaten adalah a) penguatan program pendampingan membaca al-qur'an, b) peningkatan kualitas pembelajaran melalui pelatihan guru, c) penguatan dukungan orang tua, d) revisi dan penyempurnaan kurikulum hafalan, dan e) evaluasi dan monitoring rutin.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Context, Input, Process, Product
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahfud Heru Fatoni
Date Deposited: 21 Oct 2025 01:43
Last Modified: 21 Oct 2025 01:43
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/781

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year