Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMA Al Firdaus Sukoharjo

Hidayati, Warih Nurul (2025) Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMA Al Firdaus Sukoharjo. Tesis, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (49kB)

Abstract

Kurikulum IB (International Baccalaureate) adalah system pendidikan internasional yang dirancang oleh International Baccalaureate Organization (IBO), yang berbasis di Jenewa, Swiss. Kurikulum ini bertujuan untuk mengembangkan siswa yang berpikiran internasional, kritis, kreatif, dan peduli terhadp masyarakat global.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa (1) Perencanaan kurikulum merdeka dalam rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mewujudkan karakter religius siswa SMA Al Firdaus Sukoharjo, (2) Implementasi kurikulum merdeka dalam rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mewujudkan karakter religius siswa SMA Al Firdaus Sukoharjo, (3) Evaluasi kurikulum merdeka dalam rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mewujudkan karakter religius siswa SMA Al Firdaus Sukoharjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumplan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan empat tahapan yaitu; pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan empat kriteria yaitu; kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan kurikulum merdeka dalam rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan membuat modul ajar yang mencakup capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan asesmen. (2) Implementasi kurikulum merdeka dalam rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam telah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi namun hanya pada aspek kompetensi. Untuk gaya belajar dan minat bakat siswa belum diterapkan. Dalam pelaksanaannya telah mencakup dari tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, inti, dan penutup. (3) Evaluasi kurikulum merdeka dalam rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya menggunakan tes tulis ataupun lisan, namun juga menggunakan instrumen refleksi sebagai tambahan dalam penilaian proses pembelajaran siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Karakter Religius, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 375 Kurikulum
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Warih Nurul Hidayati
Date Deposited: 22 Oct 2025 06:49
Last Modified: 22 Oct 2025 06:49
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year