Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Bagian-Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyyah Muhammadiyah Program Khusus Blimbing Tahun Pelajaran 2024/2025

Abidin, Ahmad Fauzan (2025) Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Bagian-Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyyah Muhammadiyah Program Khusus Blimbing Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan dewasa ini yaitu berkurangnya minat belajar siswa. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya kualitas hasil dari pendidikan tersebutyang disebabkan oleh kurangnya perhatian guru dalam penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor berkurangnya kemampuan memahami peserta didik. Masalah dalam penelitian ini berfokus pada apakah penerapan metode yang berbeda, yaitu Problem Based Learing dapat meningkatkan kemampuan memahami peserta didik.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di Kelas 4 MI Muhammadiyah Program Khusus Blimbing tahun pelajaran 2024/2025. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik di kelas 4 yang berjumlah 22. Desain penelitian menggunakan desain dari Kemmis dan Mc Taggart dengan dilakukan dua kali siklus tindakan. Teknik pengolahan data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Sedangkan indikator capaian keberhasilan penelitian ini adalah 85% peserta didik berhasil memperoleh nilai diatas kriteria ketuntasan minimal.

Hasil dari penelitian ini meninjukkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan memahami peserta didik berhasil dilakukan denganl 90% peserta didik mencapai nilai diatas kriteria ketuntasan minimal. Penerapan metode Problem Based Learning juga membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan menjadikan peserta didik lebih aktif, berani berpendapat, percaya diri, memiliki rasa penasaran serta ketekunan yang tinggi.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasih Masalah, Mata Pelajaran IPA
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
500 Sains, Ilmu Pengetahuan Alam, IPA > 507 Pendidikan Sains,Pendidikan IlmuPengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahmad Fauzan Abidin
Date Deposited: 27 Oct 2025 07:35
Last Modified: 27 Oct 2025 07:35
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year