Abidin, Ahmad Fauzan (2025) Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Bagian-Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyyah Muhammadiyah Program Khusus Blimbing Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (841kB) | Request a copy
BAB I.pdf
Download (87kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (201kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Download (223kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (649kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (92kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (102kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan dewasa ini yaitu berkurangnya minat belajar siswa. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya kualitas hasil dari pendidikan tersebutyang disebabkan oleh kurangnya perhatian guru dalam penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor berkurangnya kemampuan memahami peserta didik. Masalah dalam penelitian ini berfokus pada apakah penerapan metode yang berbeda, yaitu Problem Based Learing dapat meningkatkan kemampuan memahami peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di Kelas 4 MI Muhammadiyah Program Khusus Blimbing tahun pelajaran 2024/2025. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik di kelas 4 yang berjumlah 22. Desain penelitian menggunakan desain dari Kemmis dan Mc Taggart dengan dilakukan dua kali siklus tindakan. Teknik pengolahan data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Sedangkan indikator capaian keberhasilan penelitian ini adalah 85% peserta didik berhasil memperoleh nilai diatas kriteria ketuntasan minimal.
Hasil dari penelitian ini meninjukkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan memahami peserta didik berhasil dilakukan denganl 90% peserta didik mencapai nilai diatas kriteria ketuntasan minimal. Penerapan metode Problem Based Learning juga membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan menjadikan peserta didik lebih aktif, berani berpendapat, percaya diri, memiliki rasa penasaran serta ketekunan yang tinggi.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasih Masalah, Mata Pelajaran IPA |
| Subjects: | 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 500 Sains, Ilmu Pengetahuan Alam, IPA > 507 Pendidikan Sains,Pendidikan IlmuPengetahuan Alam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Ahmad Fauzan Abidin |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 07:35 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 07:35 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/791 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

