Studi Komparatif Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Antara Siswa Program Full Day dengan Siswa Program Boarding Sekolah Menengah Atas Majlis Tafsir Al-Qur’an Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Fathoni, Muhammad Arif (2025) Studi Komparatif Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Antara Siswa Program Full Day dengan Siswa Program Boarding Sekolah Menengah Atas Majlis Tafsir Al-Qur’an Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Judul.pdf] Text
Halaman Judul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa program fullday dengan siswa program boarding dan mengetahui perbedaan dan perbandingan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) antara siswa program full day dengan siswa program boarding di kelas XII SMA Majlis Tafsir Al-Qur’an Surakarta tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan studi komparatif yang dilakukan di SMA Majlis Tafsir Al-Qur’an Surakarta dengan sampel total sejumlah 40 pada siswa program boarding dengan 36 siswa program fullday kelas XII. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Untuk memastikan bahwa data yang digunakan memenuhi asumsi-asumsi yang diperlukan maka dilakukan uji prasyarat dengan uji homogenitas dan uji normalitas, kemudian dilakukan uji non parametris (menggunakan Uji Mann Whitney) karena data yang tidak memenuhi asumsi distribusi normal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa program fullday dengan rata-rata nilai 87,5 dengan mayoritas siswa memiliki nilai pada kategori sedang yaitu sebanyak 29 siswa, sedangkan siswa program boarding memiliki hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan rata-rata 95,28 dengan mayoritas siswa memiliki nilai pada kategori sedang yaitu sebanyak 20 siswa. Perhitungan uji hipotesis menggunakan uji mann whitney dengan α 5% (Ztabel = 1,96), diperoleh Zuji sebesar 5,3474. Karena Zuji > Ztabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa program full day dengan siswa program boarding, dengan perbandingan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa program boarding lebih baik daripada hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa program full day.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Studi Komparatif, Hasil Belajar, Program Fullday, Program Boarding
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Arif Fathoni
Date Deposited: 05 Nov 2025 03:31
Last Modified: 05 Nov 2025 03:31
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year