Khotimah, Khusnul (2025) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (851kB)
BAB I.pdf
Download (378kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (511kB)
BAB III.pdf
Download (353kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (750kB)
BAB V.pdf
Download (188kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (217kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI), tingkat prestasi belajar siswa, serta pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 5 Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya kompetensi pedagogik guru sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran, khususnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian berjumlah 240 siswa, dan sampel diambil sebanyak 87 siswa kelas VIII dengan teknik stratified sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel kompetensi pedagogik guru dan dokumentasi nilai rapor siswa untuk variabel prestasi belajar. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, regresi sederhana, uji t, dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Negeri 5 Karanganyar memiliki nilai tertinggi 95dan nilai terendah 60 dengan nilai rata-rata sebesar 73,33 dikategorikan baik. (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI memiliki nilai tertinggi 93 dan nilai terrendah 82 dengan nilai mean atau rata-rata 86,42 dikategorikan cukup baik. (3) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa. Hasil uji t, diperoleh nilai t hitung sebesar 6,042 dengan tingkat signifikansi (p-value) sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwah terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa secara parsial. Artinya, semakin tinggi kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa yang dapat dicapai. Maka hipotesis alternatif diterima yang berbunyi”Ada pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 5 Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, SMPN 5 Karanganyar |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Khusnul Khotimah |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 03:00 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 03:00 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/811 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

