Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih pada Siswa Kelas VII MTS Putri Pondok Pesantren Ibnu Abbas Sragen Tahun Ajaran 2024/2025

Diniya, Alya (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih pada Siswa Kelas VII MTS Putri Pondok Pesantren Ibnu Abbas Sragen Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mambaul Ulum.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran Direct Instruction merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dinilai dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih pada siswa kelas VII putri di Pondok Pesantren Ibnu Abbas Sragen.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa dari total populasi 89 siswa yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk variabel X (penerapan model pembelajaran Direct Instruction) dan dokumentasi nilai harian untuk variabel Y (hasil belajar). Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan korelasi Pearson Product Moment untuk pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Direct Instruction berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 68,13; 2) Hasil belajar siswa mata pelajaran fikih menunjukkan rata-rata nilai sebesar 93,17 yang termasuk dalam kategori baik; 3) Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,032 dan koefisien korelasi 0,392, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara penerapan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Direct Instruction, Hasil Belajar, Fikih
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 208 Sumber-sumber Umum Agama
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alya Diniya
Date Deposited: 26 Nov 2025 04:25
Last Modified: 26 Nov 2025 04:25
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/814

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year