Diniya, Alya (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih pada Siswa Kelas VII MTS Putri Pondok Pesantren Ibnu Abbas Sragen Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mambaul Ulum.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (868kB)
BAB I.pdf
Download (362kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (359kB)
BAB III.pdf
Download (605kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (551kB)
BAB V.pdf
Download (227kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (326kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Model pembelajaran Direct Instruction merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dinilai dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih pada siswa kelas VII putri di Pondok Pesantren Ibnu Abbas Sragen.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa dari total populasi 89 siswa yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk variabel X (penerapan model pembelajaran Direct Instruction) dan dokumentasi nilai harian untuk variabel Y (hasil belajar). Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan korelasi Pearson Product Moment untuk pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Direct Instruction berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 68,13; 2) Hasil belajar siswa mata pelajaran fikih menunjukkan rata-rata nilai sebesar 93,17 yang termasuk dalam kategori baik; 3) Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,032 dan koefisien korelasi 0,392, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara penerapan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar siswa.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Direct Instruction, Hasil Belajar, Fikih |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 208 Sumber-sumber Umum Agama 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Alya Diniya |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 04:25 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 04:25 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/814 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

