An Nisa, Izzah (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo Tahun Pelajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab I.pdf
Download (2MB)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Bab III.pdf
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Download (1MB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Fiqih di kelas eksperimen pada siswa Kelas VII SMP Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo Tahun Pelajaran 2025/2026, untuk mengetahui hasil belajar Fiqih di kelas kontrol pada siswa Kelas VII SMP Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo Tahun Pelajaran 2025/2026, serta untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada hasil belajar Fiqih siswa Kelas VII SMP Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo Tahun Pelajaran 2025/2026.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen dengan model Quasi Experimental dengan jenis Pre-test Post-test Non Equivalent Control Group Design. Di dalam penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode eksperimen ini dilaksanakan untuk mengamati dampak dari perlakuan model pembelajaran picture and picture. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo yang berjumlah 79 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini terdiri dari 22 siswa putra kelas VII A (kelas eksperimen) dan 22 siswa putra kelas VII B (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data melalui instrument tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperoleh rata-rata skor pre test sebesar 48,18 sedangkan rata-rata skor post test nya sebesar 74,54. Adapun kelompok kontrol memperoleh rata-rata skor pre test sebesar 40,45 sedangkan rata-rata skor post test nya sebesar 56,81. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor post test pada kelompok kontrol dan eksperimen. Kelompok kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,22 yang termasuk dalam kategori tidak efektif dan kelompok eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,48 yang termasuk dalam kategori kurang efektif. Hal ini menunjukkan bahwa perlakuan model pembelajaran picture and picture kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih materi Taharah pada siswa kelas 7 SMP Insan Cendekia Boarding School Sukoharjo Tahun Pelajaran 2025/2026.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Pembelajaran, Kooperatif, Picture and Picture, Hasil Belajar |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Izzah An-Nisa' |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 03:35 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 03:35 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/842 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

