Arianto, Danu Putra (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Buku Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (843kB)
BAB I.pdf
Download (204kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (396kB)
BAB III.pdf
Download (259kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (349kB)
BAB V.pdf
Download (207kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (203kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (778kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka melalui buku ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) dalam membentuk karakter siswa di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2025/2026. Fokus penelitian ini adalah proses pelaksanaan pembelajaran ISMUBA, faktor pendukung dan penghambatnya, serta nilai-nilai karakter yang terbentuk pada siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan penelitian meliputi guru ISMUBA, siswa, dan pihak sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka melalui buku ISMUBA dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman ke dalam kegiatan pembelajaran aktif, kolaboratif, dan reflektif. Buku ISMUBA berfungsi sebagai media pembelajaran karakter yang efektif karena memuat ajaran keislaman, kemuhammadiyahan, serta Bahasa Arab yang kontekstual. Faktor pendukung implementasi antara lain: dukungan visi sekolah, kesiapan guru, dan ketersediaan buku ajar. Adapun faktor penghambatnya meliputi: keterbatasan pemahaman guru terhadap paradigma Kurikulum Merdeka, resistensi siswa terhadap pembelajaran mandiri, serta kurangnya sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.
Implementasi pembelajaran ISMUBA melalui Kurikulum Merdeka terbukti mampu membentuk karakter religius, tanggung jawab, disiplin, mandiri, serta kepedulian sosial siswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan guru, pengembangan strategi pembelajaran partisipatif, dan peningkatan kolaborasi antara sekolah dan masyarakat untuk memperkuat pendidikan karakter
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, ISMUBA, dan Pembentukan Karakter |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 375 Kurikulum |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Danu Putra Arianto |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 01:38 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 01:38 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/866 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

