Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Buku Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2025/2026

Arianto, Danu Putra (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Buku Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka melalui buku ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) dalam membentuk karakter siswa di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2025/2026. Fokus penelitian ini adalah proses pelaksanaan pembelajaran ISMUBA, faktor pendukung dan penghambatnya, serta nilai-nilai karakter yang terbentuk pada siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan penelitian meliputi guru ISMUBA, siswa, dan pihak sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka melalui buku ISMUBA dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman ke dalam kegiatan pembelajaran aktif, kolaboratif, dan reflektif. Buku ISMUBA berfungsi sebagai media pembelajaran karakter yang efektif karena memuat ajaran keislaman, kemuhammadiyahan, serta Bahasa Arab yang kontekstual. Faktor pendukung implementasi antara lain: dukungan visi sekolah, kesiapan guru, dan ketersediaan buku ajar. Adapun faktor penghambatnya meliputi: keterbatasan pemahaman guru terhadap paradigma Kurikulum Merdeka, resistensi siswa terhadap pembelajaran mandiri, serta kurangnya sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.
Implementasi pembelajaran ISMUBA melalui Kurikulum Merdeka terbukti mampu membentuk karakter religius, tanggung jawab, disiplin, mandiri, serta kepedulian sosial siswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan guru, pengembangan strategi pembelajaran partisipatif, dan peningkatan kolaborasi antara sekolah dan masyarakat untuk memperkuat pendidikan karakter

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, ISMUBA, dan Pembentukan Karakter
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Danu Putra Arianto
Date Deposited: 28 Nov 2025 01:38
Last Modified: 28 Nov 2025 01:38
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year